Subscribe Us

Header Ads

Cara Install patch, DLC dan Mod The Elder Scrolls V : Skyrim



KLIK DISINI

Hello agan semuanya, setelah kemarin saya share DLC game The Elder Scrolls V : Skyrim. sekarang saya akan share bagaimana cara install patch atau DLC tersebut, loh kok baru di share? sebenarnya tujuan saya bukan hanya untuk share bagaimana cara install patch tersebut tetapi saya juga akan berbagi cara untuk install mod dari game nya. mau tahu caranya? yuk kita lihat dibawah.

nah sebelum saya jelaskan bagi kalian yang membutuhkan DLC Skyrim, Download DLC Disini

  1. The Elder Scrolls V : Skyrim Dawnguard
  2. The Elder Scrolls V : Skyrim Heartfire
  3. The Elder Scrolls V : Skyrim Dragonborn
Saya akan berbagi cara install mod ini dengan cara manual. kenapa dengan cara manual? karena  cara ini cukup mudah tanpa harus menginstall software pihak ketiga seperti NexusMod ataupun yang lainnya. anda hanya perlu mengaktifkan "Data File Selection" ketika Skyrim launcher keluar, karena secara default menu itu tidak bisa dipilih, seperti gambar dibawah ini.


Yup, gambar diatas memperlihatkan bahwa menu "Data Files" tidak dapat digunakan atau dipilih, kenapa bisa begitu? karena system memang tidak mengaktifkannya, tapi kalian bisa mengaktifkannya secara manual. ikuti langkah berikut :
  1. Masuk ke folder dokumen dimana file save skyrim disimpan (Default "C:\Users\'nama PC anda'\Documents\My Games\Skyrim")
  2. Buka File bernama "SkyrimPrefs.ini" atau "SkyrimPrefs".
  3. File ini akan dibuka oleh Notepad, setelah itu tambahkan perintah berikut didalamnya seperti gambar dibawah ini. Lalu save.
bEnableFileSelection=1

Perhatikan penempatan perintahnya, disimpan pada menu [Launcher]

nah sekarang kalian bisa memilih menu "Data Files" seperti gamabr dibawah ini, setelah itu kalian bisa dengan bebas menambahkan Mod atau pun menginstall Patch yang sudah di download.

Setelah penjelasan diatas mungkin sebagian dari kalian sudah terbayang apa selanjutnya yab\ng bisa kita lakukan, nah saya akan mencoba menambah Mod yang sudah saya download di Nexusmods.com. "loh tadi katanya jangan pakai nexus mod", iya saya disini hanya mendownload file mod nya bukan menginstall software nya.

Anggap saja saya sudah download file modnya, saya disini menambahkan mod Rogue Leather Armor (link). setelah saya download lalu kita ekstract dan isi file nya akan seperti ini.

File yg sudah di download


Hasil Extract File tersebut
Sudah lihat apa isinya? tiap file berbeda, kebetulan file saya satu ini hanya berisi folder "Data". setelah itu kalian tinggal ikuti langkah dibawh ini.
  1. Setelah melihat file hasil extract, Copy folder "Data" ke tempat install Skyrim (Default "C:\Program Files\....\The Elder Scrolls V - Skyrim")
  2. Kalian hanya tinggal copy saja folder/file tersebut, jika file/folder perlu di replace kalian tinggal replace saja, tidak akan menyebabkan masalah.
  3. Buka Skyrim Laucher, masuk menu "Data Files" maka akan keluar tampilan seperti dibawah, kalian tinggal memilih file mana saja yang akan di load ketika bermain lalu klik OK.

File yg telah masuk

Pilih file yang akan di load
Nah mudah kan teman-teman? setelah cara diatas kalian tinggal memainkan saja, jika kalian menambah mod armor atau weapon kalian bisa coba ke Blacksmith Forge untuk memeriksa apakah file nya sudah masuk atau belum.
Sekian Tips dan Trick dari saya, jika ada kesulitan atau pertanyaan mohon tinggalkan komentar :)

Post a Comment

12 Comments

  1. Broo gw uda tambahin perintah bEnableFileSelection=1, tp data file nya msh disable.. kenapa ya

    ReplyDelete
  2. gan.. saya udh bisa buka datafile.nya... tapi disana gaada tulisan skyrim workshop.nya......... jadi gabisa aktif mod.nya...
    gimana niiih?? T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg agan skyrim asli dari steam? atau dapet pirate? :D
      kalo asli dari steam saya blm nyoba gan
      tapi kalo masih gabisa coba agan pake nexudmod aja biar lebih gampang

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. gan saya kan cuma heartfire kok dc ya pas datafile gw aktifin. apa harus download yg lain dulu gitu atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan install dulu patch Skyrim paling update ya gan, silahkan dicoba dulu :)

      Delete
    2. udah bisa gan makasi kalau pgin aktifin mods harus instal apa dulu ya gan masih bingung

      Delete
    3. yang pasti install skyrimnya dulu XD
      kalo agan mau install mods secara manual coba langsung ikutin aja langkah2 di atas tanpa download software pendukung lain, kalo pgn lebih mudah lagi agan bisa coba download pake nexusmods
      agan bisa cari banyak mod di web nexusmods dengan cara install nya, cuma untuk secara umum cara di atas bisa digunakan :)

      Delete
  4. Gan kok ane udah ngikutin cara diatas tapi kok pas udah masuk ke game nya keluar

    ReplyDelete
  5. Gan gue ko, kalo pakai NMM, malah missing file ya? ada solusinya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau gan, coba googling dulu aja semoga aja ada solusinya :)

      Delete
  6. kalau pke nmm masih missing..cek di plugin lewat nmm..disitu ada pilihan plugin dan mods..klik plugin..cari mod yg tulisan berwarna merah..kalau tidak ada yg berwarna merah, klik mod satu persatu..tengok sebelah kanan detail/notif, jika ada yg berwarna merah misal dawnguard.esm(hitam) dragonborn.esm(hitam) heartfire.esm (merah)..berarti yg merah heartfire.esm yg menyebabkan missing..cari dlc heartfire dan coba jangan di ceklis..terus gulir kebawah cari mod yg tulisan berwarna merah..kalau ada jangan di ceklis...intinya yg di ceklis jangan mod yang berwarna merah..jika sudah.keluar, masuk FNIS..centang semua, terus sinkron fnis..tunggu sampai selesai..coba play lagi skyrim...kalau masih crash....coba pakai SKSE
    ...
    SEKEDAR BANTU

    ReplyDelete