Subscribe Us

Header Ads

Tips memilih PSU dengan tepat

Hello agan blogger, khusunya bagi kalian pecinta PC (Personal Komputer) kali ini saya sedikit membahas bagian penting pada PC yaitu PSU (Power Supply Unit) atau ada juga yang menyebutnya UPS itu sama saja sebenarnya tinggal bagaimana kita enak di telinga kalian.

Hardware ini merupakan bagian penting didalam perakitan PC, kenapa? karena PSU lah yang menyuplai arus listrik ke berbagai hardware yang ada didalam PC. untuk agan-agan yang ingin merakit atau akan membeli PSU yuk sedikit disimak tips saya kali ini.


Pilih Sesuai Kebutuhan (Kapasitas Daya)

Tentunya bagi kalian pasti banyak yang kebingungan bagaimana atau PSU seperti apa yang harus dibeli dan sesuai dengan kebutuhan. beutl sekali, hal ini harus diperhatikan karena nantinya jika kita memilih PSU yang salah malah akan mubadzir dan daya sisanya tidak berguna. Jadi pilih yang seperti apa? kalian bisa lihat hardware yang sedang digunakan atau akan digunakan dan penggunaannya ditujukan untuk apa, bisa dilihat dibawah ini perkiraan daya yang digunakan sesuai fungsinya :

  • PC Low End = 330 Watt
  • PC Home atau Standar = 350 ~ 450 Watt
  • PC Gaming atau Multimedia = 450+ Watt

Contoh Perkiraan Daya :
Processor = 80 Watt
VGA = 150 Watt
Motherboard = 40 Watt
RAM = 20 Watt
Hardisk = 40 Watt
Optical Drive = 20 Watt
Fan (Kipas) = 40 Watt (Termasuk kipas Processor dan VGA)

Dari Spesifikasi diatas perkiraan pemakaian adalah 350 Watt, jika kalian ingin menggunakan untuk jangka panjang dan kemungkinan ingin upgrade PC maka lebih baik kalian menggunakan 450 Watt.

Patokan diatas hanya sedikit perkiraan dari saya dilihat dari fungsi ataupun tujuan penggunaan komputer itu sendiri, agan-agan semua bisa memperkiraan sesuai dengan hardware yang tersedia. ketersediaan daya membuat pc agan berjalan maksimal, maka dari itu saya ingatkan disesuiakan dengan kebutuhannya.

Pilih Efisiensi Daya (Pure Power)

Ini merupakan hal yang paling penting dalam pemilihan PSU. Apa bedanya dengan kapasitas daya yang dijelaskan diatas? sebuah PSU bekerja untuk mengkonversi dari arus listrik AC ke DC melalui trafo, karena satu dua hal setelah konversi tentunya daya yang dihasilkan akan berkurang dan tidak murni 100%, yup benar sekali tidak akan murni 100%. maka dari itu kalian harus mencari PSU degnan PURE POWER, apa itu Pure Power? yaitu kekuatan daya yang dihasilikan dari sebuah PSU bisa diatas 80%. cara untuk mengetahui PSU mana yang memiliki Pure Power adalah dengan sertifikat 80 Plus Bronze dengan adanya sertifikat ini bisa kita pastikan bahwa PSU bekerja dengan efisiensi ~80%. adapun sertifikat 80 Plus Gold sertifikat ini menunjukan bahwa PSU bekerja pada efisiensi 85% ~ 90%, dan ada satu lagi yaitu 80 Plus Platinum dimana PSU bekerja pada efisiensi daya diatas ~90%.

Mohon untuk sangat memperhatikan hal ini, karena PSU abal-abal biasanya hanya bekerja dengan efisiensi daya hingga ~65% dan hal ini akan sangat merugikan agan sekalian. karena jika kita membeli PSU dengan 450 Watt tetapi tidak Pure Power maka mungkin agan hanya bisa mendapatkan daya sekitar 250 ~ 350 Watt.

Pilih Merk Yang Sudah Dipercaya

Wah admin bawa-bawa merk nih, benar sekali kali ini saya akan bawa-bawa merk PSU. kenapa saya bawa merk? karena dari berbagai review ataupun dari saya pribadi saya akan menyarankan merk yang sudah terjamin kualitasnya dan pastinya Pure Power. Bagi kalangan pecinta komputer dan para perakit komputer pasti bisa mengira ngira merk apa saja yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan merk ini. nah dibawah saya akan sedikit share beberapa merk yang banyak beredar di Indonesia :


  • Seasonic
  • Corsair
  • Silverstone
  • Antec
  • Enermax
  • FSP (Fortron)
  • Mushkin
  • OCZ Technology
  • Tagan
  • PowerLogic
  • Thermaltake ToughPower Only
  • EnLight
Agan menggunakan salah satu merk diatas? berarti agan memiliki PSU dengan kualitas yang baik, dan saya menyarankan salah satu yang tertera diatas bagi kalian yang sedang kebingunan mencari PSU yang baik dan benar.

Ingin baca Tips lainnya? cek disini aja gan. Mungkin itu sedikit tips dari saya, silahkan jika agan ingin menambahkan saran bisa tuliskan di kolom komentar, terima kasih :D

Post a Comment

0 Comments